Sabtu, 21 April 2012

HOI! Ini Event Cosplay atau Modelling sih?!

Ini kali ke 2 pihak "Yamaha Padang" ngadain event dengan salah satu acara bertema COSPLAY COMPETITION dan di kali kedua ini gue tetap berkomentar "It's SUCK!" 

Because what?!

Oke, gue akan mencoba menjelaskan kronologi kejadiannya sambil berusaha ngetik tanpa emosi (sumpah gue pengen carut-marut ngeluarin semua kebun binatang malam ini!)

Awal kejadian di acara Launching MIO Fino tanggal 10 Maret 2012 kemaren di Plaza Andalas kota Padang.

Pihak Yamaha yang bekerja sama dengan salah satu EO (gue ga tau dan ga mau tau apa nama EO-nya) mengadakan Cosplay Competition. Awalnya gue dan segenap member Akamaru J-Community kota Padang dimana tempat gue gabung bersuka cita sambil tebar-tebar confetti karena. 'Akhirnya di Padang ada lomba Cosplay juga selain di acara bunkasai Universitas'. Apa lagi sejak Bintang iklan produk Yamaha itu JKT48, kami sebagai pengemar Pop Culture Jepang ikut bahagia.

Tapi, ternyata harapan kami berbuah kekecewaan yang mendalam sampai-sampai gue pengen ngegiles itu para juri pakai Mio Fino yang di pamerin di acara itu.

Gimana ga sebel dan kecewa.
Dari pemahaman dasar aja Cosplay dan modelling itu udah 180 derajat BEDA! Apa lagi tata cara penjuriannya! Dalam Cosplay, kita semua tahu kalau si pemain harus 'memerankan' karakter yang di mainkannya. Baik dari sifat sampai body language. Sedangkan modeller itu 'memperagakan' baju yang mereka kenakan. Kemudian di modelling mereka dilatih berjalan dan tetek bengek lainnya. Tapi, pihak EO malah memakai juri dari pihak modelling yang pengetahuannya soal Cosplay itu NOL BESAR!

Parahnya lagi, pihak EO mengundang dua sekolah modelling di Kota Padang untuk ikut serta dalam acara Cosplay. Alhasil para pemenang lomba itu yah para model dengan 'Costum Karnaval Karavan Ancol' (kak Dyne nyebutnya epic banget deh!). Dengan berbekal make up ala emak-emak kondangan ke kampung sebelah sampai model baju yang sumpah maksa banget. Gue yang ngeliat kostum-kostum ajaib mereka sampai mikir "Waks! ini baju boleh nyewa dimana sih?" (Soalnya gue dengar dari salah satu teman gue kalau mereka nanyain dimana bisa nyewa baju buat cosplay). Helooooow, baju cosplay itu 'Hand Made' bukan boleh nyewa, geblek!

Gue jadi ingat pas salah satu panitia nanyain gue... (Kebetulan gue males ikutan Cosplay hari itu)
"Kalian dari agensi model mana? Kok kelihatannya ga punya dasar modelling?"

Gue langsung keselek ludah sendiri ngedengernya! Agensi? Modelling? HEY GIRLS! FASHION AND COSPLAY ARE NOT SAME, STUPID!

Oke, mungkin mereka benar-benar ga tau apa-apa tentang Cosplay. Jadi, dengan baik hati dan tidak sombong gue jelasin ke panitian tersebut bahwa kami bukan dari agensi manapun, karena kami adalah seorang cosplayer not model. Gue dan D (mantan ketua J-Community gue) juga sempat ngejelasin apa, bagaimana, dan seperti apa Cosplay itu. Dia mau mengerti dan mau belajar dari kesalahan event perdana ini. Oke, kami terima iktikad baiknya.



EVENT ke 2 BERLANGSUNG.

Hari ini, 21 April 2012. Pihak Yamaha kembali mengadakan Cosplay Competition di Lapangan Imam Bonjol yang pastinya warga yang melihat bakalan lebih banyak dari pada di aula Plaza. Tapi, kejadian yang sama kembali terulang seakan pihak EO sama sekali ga mendapatkan pelajaran sama sekali dari kesalahan FATAL yang udah mereka perbuat di hari lalu.

Saat undangan Cosplay Competition sampai ke telinga member kami, awalnya kami ga ada satupun yang mau ikutan lomba ini karena udah kecewa duluan sama kejadian sebelumnya. Tapi, atas saran dari beberapa cosplayer luar kota Padang (Terimakasih banyak buat rekan-rekan Cosplayer kami dari Group "Cosplay of Sumatera" yang sudah banyak membantu dengan saran-saran dan masukannya), pihak kami (member J-Community saya) pun kembali menjelasan pada pihak Yamaha "Kaya' gini lho teknis Cosplay Competition yang sebenar-benarnya itu!". Mereka menerima penjelasan kami dan berkata sudah menemukan juri yang mengerti tentang Cosplay.

Kali ini kami pikir kami agak bisa berlega hati untuk Cosplay Competition kali ini. TERNYATA TIDAK SODARA-SODARA! (jgerrrr!) <-- bunyi petir

Kejadian yang sama kembali terjadi! Pemenangnya para wakil dari sekolah modelling dengan kostum "Sailor Moon yang lagi ke-datang-an bulan yang punggungnya dipakein sayap-sayapan".

HELO?! Sejak jaman kapan Sailor Moon pake sayap? Kayanya itu orang ga pernah nonton Sailor Moon di Televisi Indonesia deh. Apa lagi adegan patah pinggang para model itu sumpah bikin sakit mata!

HOI! ini Event Cosplay atau Modelling sih???

Sumpah, gue kecewa berat! Rasanya itu stage utama pengen gw gergaji kaki-nya biar ambruk trus nimpa para model-model alay itu (oke, gue sedikit lebay kali ini)

Usut punya usut, ternyata hasil penyelidikan sementara kami mengatakan kalau ada 'Kong-kalikong' antara para juri itu dengan para model yang ikut cosplay competition itu. Kami curiga soalnya mereka kelihatan akrab banget sama jurinya kaya udah kenal lama (penyelidikan lebih lanjut akan saya jalankan besok!). Apalagi kalau hadiah yang lumayan besar itu jatuh ke tangan non model, mereka bakalan rugi ga bisa manfaatin kesempatan emas ini. Karena, pastinya pihak Yamaha bakalan ngucurin dana besar buat Event Launching mereka ini!

Baca juga yang ini --> "Event Cosplay 'MAKSA'"







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komentar, kritik, maupun sarannya...